-->

Lakukan ini Sebelum Habis Kontrak Kerja Diperusahaan

Yang perlu dilakukan sebelum habis kontrak kerja,hai teman kerjapt.com jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas apa itu karyawan kontrak,pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa tips yang harus teman-teman lakukan sebelum habis kontrak kerja.

Karyawan kontrak adalah karyawan yang bekerja diperusahaan dengan perjanjian kerja tertentu (pkwt).
Setelah mengabdi selama dua tahun di sebuah perusahaan,seorang karyawan kontrak dihadapi dengan dilema antara diangkat menjadi karyawan tetap atau berakhir masa kerja dan harus kembali menjadi pengangguran mulai nyari kerja kesana-kesini.
Mengingat kecilnya peluang untuk diangkat menjadi karyawan tetap,seorang karyawan kontrak harus berfikir keras untuk mendapatkan pekerjaan baru,baik itu kembali kerja di perusahaan ataupun membuka usaha sendiri.
Ada beberapa hal yang bisa teman-teman lakukan sebelum habis kontrak diperusahaan:

1.Mulai mencari info lowongan kerja.
Dua atau tiga bulan sebelum teman-teman habis kontrak sebaiknya mulai kembali mengumpulkan berkas-berkas,melengkapi dan memperpanjang berkas seperti skck,lengkapi berkas lamaran dan mulai mencari informasi lowongan kerja,jika ada lowongan kerja yang sesuai dengan kriteria dan pengalaman kerja teman-teman,kirimkan saja surat lamaran kerjanya.
Jika mengirimkan lamaran kerja via pos biasanya perusahaan memerlukan waktu 1-3 bulan untuk mengundang karyawan melakukan tes,jangan buang waktu kalian atau jangan menunggu sampai kontrak berakhir baru mencari kerja,ini yang sering terjadi oleh para pencari kerja.
Jadi usahakan jangan sampai lama menganggur lama setelah habis kontrak.
Networking jug sangat penting dilakukan,mungkin selama kita bekerja banyak realasi,teman-teman lama kita yang jarang kita kontek bisa dijadikan jalan untuk mencari kerja baru.

2.Menabung
Tujuan kita bekerja adalah mendapatkan upah,mendapatkan penghasilan setiap bulannya,supaya hasil jerih payah kita ada bekasnya,maka mulailah menabung biar bagaimanapun menabung itu sangat penting untuk masa depan.
Sebagai karyawan kontrak yang sudah pasti kita akan habis kontrak di perusahaan,menabung adalah hal yang wajib dilakukan,mengapa?
Pertama setelah kita mendapatkan penghasilan dari hasil kerja diperusahaan tabungan bisa dijadikan modal usaha bila berniat menjadi wirausahawan.
Kedua untuk bekal selama mencari kerja,kebanyakan seorang yang telah habis kontrak tidak mudah mendapatkan pekerjaan diperusahaan baru,tabungan itu bisa menjadi bekal selama menganggur,bayangkan jika kita tidak punya tabungan sedangkan pengeluaran setiap hari tanpa ada pemasukan,repot kan..hheu

3.Berwirausaha
Pekerjaan tak kunjung diapat setelah habis kontrak,alangkah baiknya menciptakan lapangan kerja sendiri/berwirausaha,itulah manfaat tabungan yang sudah kita kumpulkan selama bekerja sebagai karyawan kontrak di perusahaan.
Jika mempunyai keyakinan yang kuat untuk berwirausaha,pasti ada saja jalan untuk mendapatkannya bila kita mau berusaha,dimana ada kemauan disitu ada jalan,mungkin itu ungkapan yang sangat tepat.

Beberapa tips berikut semoga bisa menjadi gambaran tentang apa yang harus teman-teman lakukan sebelum habis kontrak,semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter